Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini

  • Joni Joni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Metode Bernyanyi, Penguasaan Kosa Kata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya penguasaan kosa kata TK Mutiara Sungai Pagar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan kosakata anak usia dini di TK Mutiara Sungai Pagar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan denan obyek penelitian 16 orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu: Dengan penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata  anak usia 4-5 di TK Mutiara Sungai Pagar. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan penguasaan kosa kata  anak pada setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38,1% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,4% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai  Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 76,3% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas.2007. Standar perkembangan dasar Pendidikan anak usia dini. Jakarta

Elizabeth B. Hurlock, 2013. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta. Erlangga

Henry Guntur Tarigan. 2011. Pengajaran Kosa kata. Bandung. Angkasa.

Imam Musbikin. 2010. Buku Pintar Paud. Jakarta. Laksana

Keen Achroni, 2012. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional. Jakarta. Javalitera

Kamtini, Wardi.2005. Bermain Melalui Gerak Dan lagu di Taman Kanak-kanak

Marleni, Lusi. 2016. Improving Reading Comprehension by Using Jigsaw Strategy at STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Vol. 1. No. 2

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Masitoh, dkk. 2006. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta. Universitas Terbuka

Musfiroh Tadkiroatun, 2005.Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Otib Satibi Hidayat. 2006. Metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Jakarta. Universitas Terbuka

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik. Jakarta: Elex media Komputindo.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia dini. Jakarta : Depdiknas

Published
2019-08-03
How to Cite
Joni, J. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 9-16. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/813