Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Arisan Kata

  • Nani Elia Rosa Program Studi PGPAUD Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Keterampilan membaca permulaan, bermain arisan kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca  Permulaan Pada Siswa Melalui Bermain Arisan Kata di Paud IT Islamic Centre Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiridari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi anak dan guru berupa (ceck-lisht). Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis Dan Mc Taggart. Keterampilan membaca permulaan pada penelitian ini adalah membaca gambar, merangkai huruf menjadi kata, membaca kata pada gambar dan menghubungkan kartu arisan kata dengan gambar dipapan tulis. Peningkatan terjadi pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. Pada siklus I  53,33%  mengalami peningkatan 32,67% pada siklus II menjadi 86%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif S. Sadiman ,dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Ariyanti,T. 2013.Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Universitas negeri jakarta: Jakarta

Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca:Revolusi Cerdas Untuk Kemampuan Anak Membaca Dirumah.Jogjakarta:Intan Media

Darjowidjoyo,S. 2003. Psiko Linguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Depdiknas. 2007. Karakteristik anak usia dini. Pedoman Pembelajaran Badan Pengembangan Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah: Direktorat Pembinaan TK dan SD. Bandung : PT. Refika Aditama

Essa, Eva, L. 2012. Inroduction to Early Childhood Education Fourth Edition. Australia: Thomson Delmart Learning.

Hurlock , Elisabet B. 2015. Perkembangan Anak (Penerjemah: dr. Med meitasari tdjandra dan Dra. Muslichan Zarkasih). Jakarta: Erlangga

Jackman, H.L. 2012. Konsep bermain. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kemendiknas; Direktorat Ketenagaan; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; Kementrian Pendidikan Nasional

JO LIOE TJOE. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multi Media.Universitas Negeri Jakarta: Jakarta

Jonhson, dkk.. 2008. Hakikat bermain dalam konteks kurikulum PAUD. Bandung: PT.Refika Aditama

Kemendiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter.

Mahyudin, Ritawati. 1996. Bahan ajar pendidikan bahasa indonesiadi kelas-kelas rendah SD: Padang.IKIP

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak . jakarta: Rineka cipta

Rini, H. 2014.“Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar.Universitas Muhamadiah: Jakarta

Sadiman , dkk. 2006. Media pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Santoso, S. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Citra Pendidikan

Solehudin, M. 2004. Memfasilitasi Perkembangan Berpikir dan Kreativitas PAUD. Dalam jurnal ilmu pendidikan, vol.2 TH 2004. Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Oenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, Y.N. 2005. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Sulaiman, H.A. 1988. Media Audio Visual Untuk Pengajaran, Pengajaran. PT. Gramedia: Jakarta

Suryani, A.D. 2010. Permaian arisan kata. Implementasi permainan arisan kata di TK Baiturrahman: Posdikku TNI AD-Bandung. Universitas pendidikan indonesia.

Triwindarti. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak melalui Permainan Tangga Literasi”. Universitas Negeri: Jogjakarta

Tutik, A. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Gambar. Universitas negeri jakarta: Jakarta

Wilson, R. 2008. Nature And Young Children:Encouranging Creative Play And Learning And Natural Environments.London. Routledge Tailor And Francis Group.

Yuliantina,I. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Alat Permainan Edukatif. Universitas negeri Jakarta: Jakarta

Published
2019-08-03
How to Cite
Rosa, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Bermain Arisan Kata. Journal of Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/799