Pengembangan Website Responsive Company Profile Klinik Fidelity Dental Bali

  • I Komang Krisnu Artha Universitas Primakara
  • I Nyoman Yudi Anggara Wijaya Universitas Primakara
  • A. A. Gede Adi Mega Putra Universitas Primakara
Keywords: Website Company Profile, Responsif, Kesehatan Gigi, Wisatawan Asing

Abstract

Pertumbuhan pariwisata yang pesat di Bali diikuti dengan perkembangan digital yang terus berkembang khususnya melalui website company profile menjadi penting bagi para pelaku usaha yang memiliki target pasar wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Bali untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitasnya. Dalam konteks ini klinik Fidelity Dental Bali ingin memperkenalkan perusahaanya kepada wisatawan asing yang ada di Bali. Namun, hingga saat ini, klinik tersebut belum memiliki website company profile yang responsive dan informatif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah website company profile yang responsive untuk klinik Fidelity Dental Bali. Penelitian ini mengidentifikasi tujuan pengembangan website, manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan dan pasien, serta gambaran kegiatan yang dilakukan dalam proses pengembangan. Tahap pengembangan website meliputi tahap pengumpulan data, perencanaan, pemilihan tema dan plugin, pembuatan website, pelatihan kepada staf terkait, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi klinik Fidelity Dental Bali dalam meningkatkan brand awareness, menjangkau pasar yang lebih luas, serta menyediakan informasi yang mudah diakses bagi calon pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, “Banyaknya Wisatawan Mancanegara Bulanan ke Bali Menurut Pintu Masuk (Orang), 2023.” Diakses: 28 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://bali.bps.go.id/indicator/16/106/2/banyaknya-wisatawan-mancanegara-bulanan-ke-bali-menurut-pintu-masuk.html
[2] A. disparda.baliprov.go.id, “Kunjungan Wisatawan ke Bali Diprediksi Meningkat di Nataru.” Diakses: 28 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://disparda.baliprov.go.id/kunjungan-wisatawan-ke-bali-diprediksi-meningkat-di-nataru/2023/12/
[3] L. Yana Siregar, M. Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, dan U. Negeri Islam Sumatera Utara, “HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON INCREASING BUSINESS ONLINE,” vol. 2, no. 1, hlm. 71–75, 2020, doi: 10.30606/hjimb.
[4] J. A. B. Jurnal, A. Bisnis, A. Mayangsari, U. Khabibah, A. Niaga, dan P. N. Malang, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS SEBAGAI MEDIA PROMOSI B2B DI SUPER KITCHEN MOJOKERTO”.
[5] A. Kridoyono dan A. Sudaryanto, “Web Company Profile CV. Priyandra Inarya Cipta,” 2021.
[6] L. Sriwidya Lafu, “IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA USAHA UKM IKE SUTI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL IMPLEMENTATION OF ONLINE SALES SYSTEM BASED ON E-COMMERCE IN UKM BUSINESSES IKE SUTI USING THE WATERFALL METHOD,” 2021.
[7] M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, dan A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://my.cic.ac.id/.
[8] J. Bisnis, D. Pemasaran, S. Santosa, dan H. Ismaya, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS PADA TOKO IMPORTIR LAPTOP BANDUNG,” vol. 11, no. 1, 2021.
[9] Y. Sutikno, “Implementasi Metode Penugasan untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Wawancara untuk Mahasiswa STAB Maitreyawira pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia,” Jurnal Maitreyawira, vol. 2, no. 2, 2021.
[10] K. Desyawati, M. Goreti, R. Kristiantari, G. Agung, dan O. Negara, “Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 5, no. 2, hlm. 168–174, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
[11] N. F. Hadi dan N. K. Afandi, “Literature Review is A Part of Research,” Sultra Educational Journal, vol. 1, no. 3, hlm. 64–71, Des 2021, doi: 10.54297/seduj.v1i3.203.
[12] L. Brestilliani, “MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Stiesia) Suhermin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.”
[13] O. Bagi Alumni Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe Hanafi, I. Suandi, A. Fauziah, dan J. B. Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe Jln, “Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe Pelatihan Keterampilan Membangun Website Sebagai Media Promosi Produk Secara”.
[14] A. Aditya dan A. Ushud, “PERANCANGAN WEBSITE MOMMYMUM.COM MENGGUNAKAN ELEMENTOR PAGE BUILDER UNTUK WORDPRESS.”
[15] Titania Pricillia dan Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” 2021.
[16] A. Zulkarnain Hasibuan, D. Siregar, T. Diansyah, I. Faisal, dan U. H. Harapan Medan Jl Joni No, “Strategi Iklan Google Ads yang Efektif untuk Meningkatkan Omset UMKM,” 2024
[17] Putri, A. N. R., Anggara, I. N. Y., & Permana, P. T. H. (2024). Rancang Bangun dan Implementasi E-Commerce Berbasis Website Pada UD. AM Menggunakan CMS Dengan Metode Agile Development. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol.10 No.(p-ISSN : 2640-7363 e-ISSN: 2615-8787).
Published
2025-04-04
How to Cite
Artha, I. K., Wijaya, I. N. Y., & Putra, A. A. G. A. (2025). Pengembangan Website Responsive Company Profile Klinik Fidelity Dental Bali. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 21(1), 26-34. https://doi.org/10.37676/jmi.v21i1.6710
Section
Articles