Perancangan UI/UX PPDB Studi Kasus TK Darussalam Plus Yogyakarta Metode Design Thinking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di TK Darussalam Plus Yogyakarta dengan menggunakan metode Design Thinking. Masalah utama yang dihadapi adalah adanya berbagai ketidaknyamanan dan ketidakefisienan dalam sistem saat ini, yang menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk bagi orang tua dan administrator sekolah. Penelitian ini akan mengidentifikasi kebutuhan dan masalah pengguna, mengembangkan konsep dan prototipe, serta melakukan pengujian dan iterasi desain berdasarkan umpan balik pengguna untuk memastikan sistem yang lebih intuitif dan efisien. Implementasi desain baru ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan kinerja sistem secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pengujian usability kepada responden yang berjumlah 15 orang dengan menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS), diperoleh skor rata- rata SUS sebesar 71, sedangkan ambang batas skor SUS sebesar 73. Berdasarkan perhitungan tersebut, hasil skor SUS berada pada Katagori C (OK). jadi kita bisa bilang begitu desain tersebut mendapat nilai minimum kepuasan , kebaikan, dan bisa digunakan tapi ada beberapa hal yang diperbaiki.
Downloads
References
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.
Fadhil Tsalatsa, M., Kridalukmana, R., & Fauzi, A. (2022). Evaluasi User Experience pada Desain Interface Aplikasi MOTHER dengan Usability Testing User Experience Evaluation on “MOTHER” Application Interface Design with Usability Testing. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.14710/jtk.v1i1.36276
Railean, E. (n.d.). User interface design of digital textbooks : how screens affect learning. Ramdhan, N. A., & Wahyudi, D. (2019). 293445-Sistem-Informasi-Penerimaan-Peserta-Didi-
Edf62154. Information Technology Journal (INTECH) of UMUS, 1(1), 56–65.
Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2017). An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 145–148. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776
Sukoco, I., & Fauzi, A. H. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar SmartnesiaEduca. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 37–45. https://doi.org/10.35138/organu
Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Simposium Nasional RAPI XVIIII FT UMS, 364– 370.
Sya’roni, M. I., Kharisma, A. P., & Amalia, F. (2018). Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Kompuer, 2(2), 674–678.
Widoseno, D., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1401–1409. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6864
Wijaya, G., Herlina, M., & Olivia, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Yayasan Bina Anak Mandiri Bekasi. Journal Speed- Sentra
Copyright (c) 2024 Baggas Fariel Agusta, Sri Mulyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in Jurnal Media Infotama agrees to the following terms:The author holds the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been previously published (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not being considered for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when a manuscript is accepted for publication, the author retains the copyright and retains the publishing rights without limitation.
For new inventions, authors are advised to administer the patent before publication. The license type is CC-BY-SA 4.0.
MEDIA INFORMATION REVIEW: Journal of the Faculty of Computer Science is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.You are free to:Share
— copy and redistribute material in any medium or formatAdapt
— remix, modify and develop materialfor any purpose, even commercial.
The licensor cannot revoke this freedom as long as you follow the license terms