Perancangan UI/UX PPDB Studi Kasus TK Darussalam Plus Yogyakarta Metode Design Thinking

  • Baggas Fariel Agusta Universitas Islam Indonesia
  • Sri Mulyati Universitas Islam Indonesia
Keywords: PPDB, System Usability Scale (SUS), Design Thinking, User Interface (UI), User Experience (UX)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di TK Darussalam Plus Yogyakarta dengan menggunakan metode Design Thinking. Masalah utama yang dihadapi adalah adanya berbagai ketidaknyamanan dan ketidakefisienan dalam sistem saat ini, yang menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk bagi orang tua dan administrator sekolah. Penelitian ini akan mengidentifikasi kebutuhan dan masalah pengguna, mengembangkan konsep dan prototipe, serta melakukan pengujian dan iterasi desain berdasarkan umpan balik pengguna untuk memastikan sistem yang lebih intuitif dan efisien. Implementasi desain baru ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan kinerja sistem secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pengujian usability kepada responden yang berjumlah 15 orang dengan menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS), diperoleh skor rata- rata SUS sebesar 71, sedangkan ambang batas skor SUS sebesar 73. Berdasarkan perhitungan tersebut, hasil skor SUS berada pada Katagori C (OK). jadi kita bisa bilang begitu desain tersebut mendapat nilai minimum kepuasan , kebaikan, dan bisa digunakan tapi ada beberapa hal yang diperbaiki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of Usability Studies, 4(3), 114–123.

Fadhil Tsalatsa, M., Kridalukmana, R., & Fauzi, A. (2022). Evaluasi User Experience pada Desain Interface Aplikasi MOTHER dengan Usability Testing User Experience Evaluation on “MOTHER” Application Interface Design with Usability Testing. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.14710/jtk.v1i1.36276

Railean, E. (n.d.). User interface design of digital textbooks : how screens affect learning. Ramdhan, N. A., & Wahyudi, D. (2019). 293445-Sistem-Informasi-Penerimaan-Peserta-Didi-

Edf62154. Information Technology Journal (INTECH) of UMUS, 1(1), 56–65.

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2017). An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 145–148. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776

Sukoco, I., & Fauzi, A. H. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar SmartnesiaEduca. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 02(01), 37–45. https://doi.org/10.35138/organu

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan Ui/Ux Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Simposium Nasional RAPI XVIIII FT UMS, 364– 370.

Sya’roni, M. I., Kharisma, A. P., & Amalia, F. (2018). Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Kompuer, 2(2), 674–678.

Widoseno, D., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1401–1409. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6864

Wijaya, G., Herlina, M., & Olivia, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Yayasan Bina Anak Mandiri Bekasi. Journal Speed- Sentra

Published
2024-10-27
How to Cite
Agusta, B., & Mulyati, S. (2024). Perancangan UI/UX PPDB Studi Kasus TK Darussalam Plus Yogyakarta Metode Design Thinking. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 20(2), 660-667. https://doi.org/10.37676/jmi.v20i2.6598
Section
Articles