APLIKASI PROMOSI DAN PELAYANAN JASA PADA STUDIO FOTO LOTUS BERBASIS WEB

  • Willio Papian Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diana Diana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yopi Apridianyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Studio Foto, Promosi, service, RAD, DFD

Abstract

Studio Foto Lotus adalah salah satu tempat yang menyediakan layanan jasa yang bergerak dibidang fotografi dan beralamatkan di muhajirin Kota Bengkulu. Studio Foto Lotus telah menggunakan alat bantu komputer pada proses pengerjaan fotonya, akan tetapi proses penyampaian informasi produk yang disampaikan tentang layanan jasa pada perusahaan belum begitu efektif berjalan karena banyak pelanggan yang masih merasa kurang jelas mengenai jasa apa saja yang ditawarkan, sehingga pelanggan harus datang langsung ke lokasi atau menggunakan media telepon untuk menanyakan informasi apa saja jasa yang disediakan oleh Studio Foto Lotus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem informasi Promosi dan pelayanan jasa pada Studio Foto Lotus berbasis web dalam melakukan proses Promosi dan pelayanan jasa. Metode pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development (RAD), perancangan sistem menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Hasil dari penelitian ini yaitu sistem yang telah di bangun dapat di manfaatkan oleh studio loneng dalam melakukan pelayanan kepada konsumen yang memerlukan jasa foto. Konsumen yang  akan menggunakan jasa dari studio loneng tidak perlu repot-repot untuk datang ke alamat studio loneng, konsumen cukup melakukan order dan memilih paket yang telah di sediakan oleh studio loneng sehingga lebih cepat dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Nugroho, Adi. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit informatika, Bandung : BIOBSES,2005
[2] Suhartoyo.(2019).Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Adminitrative Law & Governance Journal.
[3] Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1).
[4] Nugroho, N. T. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Speedy Telkom Di Kota Surakarta). Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(02).
[5] Erinawati, H. D. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(4).
[6] Faruq, m. r. perancangan sistem informasi berbasis website sebagai media promosi pada bmt mitra mandiri.
[7] Afyenni, R. (2014). Perancangan data flow diagram untuk Sistem informasi sekolah (studi kasus pada sma pembangunan Laboratorium unp). Jurnal Teknoif, 2(1).
[8] Dengen, N., & Hatta, H. R. (2009). Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(1), 47-54.
[9] Rahmadi, L., & Yusmiarti, K. (2016). Perancangan Sistem Informasi Inventory di Amik Lembah Dempo Pagaralam. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 1-4.
[10] M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql,” Lentera Dumai, 2019.
[11] R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Simnasiptek, pp. 176–183, 2017.
[12] M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql,” Lentera Dumai, 2019.
[13] W. Wulandari and S. Aprilia, “Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 4, no. 0, pp. 41–47, 2015.
[14] JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VOL. VII, NO. 1 JUNI 2019 p-ISSN: 2339-1928 & e-ISSN: 2579-633X
Published
2023-10-09
How to Cite
Papian, W., Diana, D., & Apridianyah, Y. (2023). APLIKASI PROMOSI DAN PELAYANAN JASA PADA STUDIO FOTO LOTUS BERBASIS WEB. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 19(2), 278-283. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.3958
Section
Articles