Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan Dengan Metode WebQual 4.0 Dan User Acceptance Testing Di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

  • Destiarini Destiarini Universitas Baturaja
  • Abdul Rahman Universitas Baturaja
  • Ketut Sumartayasa Universitas Baturaja
Keywords: Website BPJS-Kesehatan, Metode WebQual 4.0, User Acceptance Testing (UAT).

Abstract

Sebagai penyedia jasa pelayanan dan informasi, BPJS Kesehatan, diharapkan dapat memberikan pelayanan dan informasi yang berguna bagi pengguna khususnya daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Website bpjs-kesehatan.go.id, merupakan sebuah website yang menyediakan jasa pelayanan dan informasi berbasis online, mulai dari pendaftaran, fasilitas kesehatan, skrining kesehatan, cek iuran dan informasi lainnya terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan, dimana melalui website BPJS kesehatan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja dapat membantu masyarakat memperoleh informasi terkait dengan BPJS Kesehatan dengan mudah, cepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kualitas website BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan antara persepsi dengan harapan pengguna di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu terhadap website BPJS Kesehatan dengan menggunakan metode WebQual dan User Acceptance Testing (UAT). Dimana pada metode WebQual 4.0 befokus pada kegunaan (usability), Kualitas informasi (information quality), Kualitas interaksi pelayanan (service interaction quality), dan keseluruhan (overall impression). berdasarkan persepi dari pengguna website. Sedangkan Metode User Acceptance Testing (UAT) yang diterapkan pada penelitian ini berguna untuk mengetahui tanggapan responden (user) di Kabupaten Ogan Komering Ulu terhadap sistem yang akan diimplementasikan yaitu dengan Angket Skala Likert yang umumnya diguanakan untuk dalam riset berupa survei dan memberikan pertanyaan kepada responden (user) dimana jawaban dari pertanyaan tersebut terdiri dari tingkatan yang dapat dipilih. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat diketahui parameter mana yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan pada tampilan website.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-02
How to Cite
Destiarini, D., Rahman, A., & Sumartayasa, K. (2023). Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan Dengan Metode WebQual 4.0 Dan User Acceptance Testing Di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 19(2), 237-243. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.3911
Section
Articles