ANALISA PERBANDINGAN PERFORMANSI RSA (RIVEST SHAMIR ADLEMAN) DAN ECC (ELLIPTIC CURVE) PADA PROTOKOL SECURE SOCKET LAYER (SSL)

  • Niko Adianson Universitas Dehasen Bengkulu
  • Yupianti Yupianti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Adhadi Kurniawan Universitas Dehasen Bengkulu

Abstract

Algoritma RSA (Rivest Shamir Adleman) ditemukan tahun 1978 Len Adleman, Ron Rivest dan Adi Shamir dengan ketentuan C = Me mod n sedangkan Algoritma ECC ditemukan tahun 1985 oleh Victor Miller dengan ketentuan P + O = O + P = P untuk setiap P € ∑ (Fp). Dimana dalam algoritma RSA pemaktoran nilai kunci menjadi tingkat kerumitan dan pemecahannya dari pada algoritma ini sedangkan algoritma ECC tingkat kerumitan menentukan titik-titik kurvanya, dimana semakin banyak titik-titik pada kurvanya maka semakin sulit menentukan titik temunya. Algoritma ECC ini banyak diterapkan pada tanda tangan digital. Dari hasil pengujian dilakukan melakukan analisa perbandingan kerumitan dari pada masing-masing algoritma tersebut dan juga tingkat kesulitan dalam pemecahannya. Dan didapatkan hasil algoritma RSA dalam penerapannya membutuhkan sepesifikasi hardware yang tinggi dari pada ECC karena nilai pembentukan kunci RSA lebih besar.

Kata Kunci : RSA, ECC dan SSL

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-02-09
How to Cite
Adianson, N., Yupianti, Y., & Kurniawan, A. (2015). ANALISA PERBANDINGAN PERFORMANSI RSA (RIVEST SHAMIR ADLEMAN) DAN ECC (ELLIPTIC CURVE) PADA PROTOKOL SECURE SOCKET LAYER (SSL). JURNAL MEDIA INFOTAMA, 11(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v11i1.254
Section
Penelitian