Analisis Pengaruh Pendekatan Saintifik Materi Global Warming Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Arjasa Jember

  • Helmi Alfiaturrohmah Universitas Jember
  • Novita Risna Sari Universitas Jember
  • Mohammad Fathorrosi Universitas Jember
  • Wildatul Fidausyah Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Subiki Subiki Universitas Jember
Keywords: media, learning, audio-visual, video, global warming, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak pengaruh model pembelajaran saintifik ini terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global kelas XI IPA SMA Arjasa Semester 2 Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang dilalakukan adalah observasi lapangan menggunakan media berbasis audio visual. Pengolahan data dilakukan dengan cara kuantitatif asosiatif. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pengaruh pendekatan saintifik pada materi global warming berbasis audio visual sangat signifikan. Hasil penelitian didapatkan dari hasil pretest yang dilakukan sebelum pemberian materi dan hasil posttes yang diberikan setelah pemberian materi, sehingga perbandingan perolehan hasil belajar dapat diamati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-27
How to Cite
Alfiaturrohmah, H., Sari, N., Fathorrosi, M., Fidausyah, W., Mahardika, I., & Subiki, S. (2022). Analisis Pengaruh Pendekatan Saintifik Materi Global Warming Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Arjasa Jember. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 18(2), 180-186. https://doi.org/10.37676/jmi.v18i2.2466
Section
Articles