Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android

  • Ria Parina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ardi Wijaya UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Yovi Apridiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Keywords: Chatbot, Media pembelajaran, Aplikasi, Android

Abstract

Kriteria kualitas media pembelajaran interaktif dapat dinilai berdasarkan kualitas materi dan kualitas pembelajaran, dan kualitas teknik. Seperti halnya yang terjadi di SD Negeri 17 Kota Bengkulu, masih banyak guru yang masih menggunakan metode konvensial.

Permasalahan dalam pembelajaran menurut siswa yaitu kurangnya materi serta soal yang interaktif dan menarik sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan memperhatikan hal tersebut, perlu adanya media pembelajaran alternatif untuk memudahkan siswa dalam mendapatkan materi pembelajaran. Chatbot merupakan agen cerdas yang dapat meniru kemampuan manusia untuk melakukan percakapan dengan pengguna yaitu manusia. Chatbot pada bidang pendidikan dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan media pembelajaran sebagai penyaji bahan materi dan soal yang interaktif dan menarik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-20
How to Cite
Parina, R., Wijaya, A., & Apridiansyah, Y. (2022). Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 18(1), 121 - 127. https://doi.org/10.37676/jmi.v18i1.1772
Section
Articles