A SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGANMETODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING(SAW) DALAM MENENTUKAN BANTUAN SISWA MISKIN PADA SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO

  • Muhammad Andhika Kurniawan
  • Indra Kanedi
  • Jhoanne Fredricka

Abstract

Intisari—Bahasa pemrograman dan database memiliki peran yang sangat penting dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh manusia. Dengan bahasa pemrograman dan database, pekerjaan manusia dapat dengan cepat terselesaikan yaitu dengan dibuatnya suatu aplikasi khusus dalam bentuk sistem informasi. Pada saat ini proses penyeleksian calon penerima BSM masih dipengaruhi unsur subjektivitas dari yang memilih, sehingga dirasakan kurang mendukung pada proses tersebut. Apabila terjadi ketidaktepatan tim penilai, maka hasilnya nanti dikhawatirkan pemberian Bantuan Siswa Miskin menjadi tidak tepat sasaran.

Adapun kriteria yang digunakan yaitu: Jumlah Penghasilan Orang Tua, Surat Tidak Mampu, Yatim-Piatu, Surat Keterangan Kelakuan Baik, dan Tinggal di Asrama Panti Asuhan. Dalam penelitian ini alat bantu pembuatan aplikasi menggunakan Visual Basic 2015 dan menggunakan database dari Microsoft Access.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive

                     Weighting, BSM

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Yusnitha, Karmila, dkk. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wilayah Prioritas Intervensi Kegiatan Keluarga Berencana dengan Metode AHP-SMART. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika): Pontianak. 2019.
[2] Hidayat, Rachmat. Metode Simple Additive Weighting Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Murid Berprestasi. Sinkron - Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika: Medan. 2017.
[3] Assrani, Dwikka, dkk. Penentuan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer): Medan. 2018.
[4] Wiliani, Ninuk dan Syadid Zambi. Rancang Bangun Aplikasi Kasir Tiket Nonton Bola Bareng Pada X Kasir Di Suatu Lokasi X Dengan Visual Basic 2010 Dan MySQL. Jurnal Rekayasa Informasi: Jakarta. 2017.
[5] Sucipto. Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar. INTENSIF - Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi dan Penerapan Sistem Informasi: Kediri. 2017.
[6] Nugraha, Agus Ramdhani dan Gati Pramukasari. Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika): Tasikmalaya. 2017.
[7] Oktaviani, Anggi, dkk. Perancangan Aplikasi Penjualan Dengan Metode Waterfall Pada Koperasi Karyawan RSUD Pasar Rebo. Petir - Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika: Jakarta. 2018.
Published
2021-09-29
How to Cite
Kurniawan, M., Kanedi, I., & Fredricka, J. (2021). A SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGANMETODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING(SAW) DALAM MENENTUKAN BANTUAN SISWA MISKIN PADA SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 17(2), Vol.17 No.2 September 2021. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i2.1663
Section
Articles