A PENERAPAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE PADA SISTEM PENDUKUNG PENJUALAN BATU SPLIT MENGGUNAKAN PHP DAN SQL

  • Ronaldo Ronaldo
  • Anisya Sonita

Abstract

Abstrak—Sistem komputerisasi dapat membantu mempercepat menyelesaikan pengolahan data perusahaan, dengan teknologi menuntut semua bidang pekerjaan yang masih manual dan tidak efisien dapat dilakukan dengan teknologi informasi. Metode Simple Multi Attribut Rating Technique (SMART) merupakan suatu metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai dan setiap kriteria memiliki bobot untuk menggambarkan seberapa penting nilainya dibandingkan dengan kriteria yang lain. Untuk menghindari resiko kerugian dari usaha yang dilakukan maka diperlukan tinjauan tentang studi kelayakan bisnis dari berbagai aspek. Studi kelayakan yang akan penulis lakukan meliputi enam aspek yaitu aspek legalitas, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan tenologi, manajemen dan sumber daya manusia, dan keuangan. Dapat memberikan informasi penjualan batu dengan metode smart (simple multi attribute rating technique) berdasarkan 6 aspek yaitu aspek legalitas, lingkungan, pasar dan pemasaran, teknis dan tenologi, manajemen dan sumber daya manusia, dan keuangan.

 Kata Kunci : Aplikasi, Algoritma, Batu, Penjualan, SMART

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Bahtiar, Nurdin. 2012: Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak; Prosiding seminar nasional ilmu komputer. Yogyakarta: Graha Ilmu
[2] Cholil, Saifur Rohman. 2018. Implementasi metode Simple Multi Attribute Rating Technique untuk penentuan prioritas rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana alam. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi. 6.
[3] Firmansyah. (2018). Konsep Perancangan Sistem Dan Pengembangan Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
[4] Hendrayudi, Hartati. 2009. Penerapan XML Web service Pada Sistem Distribusi Barang. Jurnal Generic, Vol. 6, No. 2, Juli 2011, pp. 61~70. ISSN: 1907-4093.
[5] Jogiyanto. (2005). Konsep Perancangan Sistem. Yogyakarta: Andi Offset.
[6] Kadir, A. 2003. Peracangan Sistem dengan Metodologi Berorientasi Objek. Andi Offset, Yogyakarta
[7] Magrisa, T. (2018). Implementasi Metode Smart Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Siswa Sma. Informatika Mulawarman, 7.
[8] Pribadi, 2007. Implementasi Algoritma Pencocokan String Knuth morris-Pratt Dalam Aplikasi Pencarian Dokumen Digital Berbasis Android. Jurnal Rekursif, Vol. 3 No.2 November 2015, ISSN 2303-0755
[9] Simarmata. 2006. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta
[10] Santosa, I. A. (2017). Implementasi Metode Smart Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Paud. Jurnal Sistem Dan Informatika Vol. 12, 11.
[11] Setiawan, A. (2014). Pemograman Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.
[12] Suryanto. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2, 5.
[13] Ukkas, I. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Supplier Bahan Bangunan Menggunakan Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique) Pada Toko Bintang Keramik Jaya. Sebatik STMIK WICIDA, 10.
Published
2021-09-19
How to Cite
Ronaldo, R., & Sonita, A. (2021). A PENERAPAN SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE PADA SISTEM PENDUKUNG PENJUALAN BATU SPLIT MENGGUNAKAN PHP DAN SQL. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 17(2). https://doi.org/10.37676/jmi.v17i2.1644
Section
Articles