MENENTUKAN POLA PEGAWAI HONORER DI DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DAN PERTANAHAN DALAM PENERAPAN METODE K-MEANS

  • Rizka Tri Alinse
  • Venny Novita Sari
  • Achmad Fikri Sallaby

Abstract

Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu yang merupakan instansi pemerintahan yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Penilaian kinerja dengan form yang sudah ditetapkan. Pada Instansi ini memiliki pegawai honorer sebanyak 11 orang. Setiap tahunnya akan dilakukan evaluasi kinerja pegawai honorer untuk mengambil suatu keputusan dan bahan pertimbangan kontrak pegawai honorer. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk menerapkan Metode K-Means menentukan pola pegawai honorer di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu dan untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi pola pegawai honorer di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu. Penerapan Metode K-Means dalam menentukan Pola Pegawai Honorer di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net dan Database SQL Server 2008. Pengelompokan data pegawai honorer berdasarkan hasil penilaian kinerja yang telah dilakukan, dimana dalam kasus ini terdapat dua hingga empat kelompok yang dapat digunakan untuk membedakan antara pegawai honorer satu dengan yang lain. Dari hasil pengelompokan ini nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu untuk menentukan siapa saja yang akan di kontrak untuk tahun berikutnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dalam menentukan pola pegawai honorer dapat memberikan informasi kepada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu siapa saja yang layak diberikan kontrak baru dari hasil pengelompokan data penilaian kinerja pegawai honorer.

Kata Kunci : Penerapan, Metode K-Means, Pola Pegawai Honorer, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-25
How to Cite
Alinse, R., Sari, V., & Sallaby, A. (2021). MENENTUKAN POLA PEGAWAI HONORER DI DINAS PERUMAHAN KAWASAN PEMUKIMAN DAN PERTANAHAN DALAM PENERAPAN METODE K-MEANS. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 17(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1316
Section
Articles