PEMANFAATAN SISTEM PENGELOLAAN RAPOR BERBASIS APLIKASI K13 PROFESIONAL DI SMKN 6 KOTA BENGKULU

  • Muhammad Faizal Huda
  • Jumiati Siska keanggotaan
Keywords: Pengelolaan Rapor Kurikulum 2013, Penelitian Kualitatif, Mixed Methods, Aplikasi K13 Profesional, Usability Testing.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) Dapat membantu wali kelas dan sekolah dalam melaksanakan pelaporan penilaian rapor kurikulum 2013. (2) Melakukan uji kualitas sistem informasi pengelolaan rapor siswa agar fitur dan fungsionalitasnya sesuai kebutuhan sehingga memudahkan pengelolaan rapor siswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan model penelitian mixed methods (metode kombinasi). Pengujian sistem didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai difokuskan kepada pengujian usability. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah sistem pengelolaan rapor berbasis aplikasi k13 profesional yang berfungsi untuk mempermudah wali kelas dalam mengelola rapor kurikulum 2013. (2) Hasil perhitungan usability didapatkan angka 84.2% sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan (1) Sistem Pengelolaan Rapor  Berbasis  Aplikasi  K13  Profesional  ini  dapat  memudahkan guru/walikelas dalam membuat rapor siswa, (2) Apilkasi K13 profesional ini dikatakan  efektif  dan  simple  dikarenakan  kemudahaan  dalam  menggunaka aplikasi sehingga memudahkan guru menggunakanya. (3) Dengan adanya aplikasi K13 Profesioanl ini, pihak sekolah dapat memperoleh informasi mengenai penginputan nilai rapor dengan menggunakan aplikasi K13 Profesional, tidak lagi menggunakan MS. Excel, (4) Dengan adanya aplikasi K13 profesional ini, pihak sekolah dapat memeroleh penggunaan aplikasi K13 profesional dengan baik dan penyajian nilai rapor, sehingga dalam mengelola nilai rapor kurikulum 2013 ini dapat menyajikan data dengan akurat dan tepat, (5) Hasil pengujian kualitas usability menunjukan bahwa sistem pengelolaan rapor dalam katogori “sangat layak” dalam aspek usability.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-06
How to Cite
Huda, M., & Siska, J. (2020). PEMANFAATAN SISTEM PENGELOLAAN RAPOR BERBASIS APLIKASI K13 PROFESIONAL DI SMKN 6 KOTA BENGKULU. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 72-81. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/989