Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Kartu Huruf di Metode SAS Pada Siswa Kelas II SD Negeri 06 Kepahiang pada Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Husin Husin Kepala SD Negeri 06 Kepahiang
Keywords: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Menggunakan Kartu Huruf, Metode SAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kelancaran membaca dan keaktifan siswa menggunakan alat peraga kartu huruf siswa kelas 1 SD Negeri 06 Kepahiang, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan guru kelas III SD Negeri 06 Kepahiang, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang. Proses penelitian berbentuk siklus yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap 1 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, setiap pertemuan masing-masing (2×30 menit).  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan para siswa kelas 2 di SD Negeri 06 Kepahiang dalam menyelesaikan pekerjaan soal tulis dan baca pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan pembelajaran bermain kartu huruf pada metode SAS. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata–rata dalam perolehan hasil belajar siswa dari yang semula, sebelum tindakan 50 menjadi 70 pada tindakan 1 dan 80 pada tindakan 2, sehingga hasil belajar menulis dan membaca pada pelajaran Bahasa Indonesia meningkat dari sebelum tindakan ke tindakan 2 meningkat sebesar 30.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bloom, Benjamin. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bower. 1981. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Dienes. 1992. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Malik Thachir, S.K, dkk. 2007. Bahasa Kita Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas II Semester 2. Jakarta: Esis.
Sardiman. 2001. Ketrampilan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf di Sekolah Dasar. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sunaryo, PVM. 2007. Bimbingan Pen yusunan Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional. -Semarang: Universitas Terbuka.
Surakhmad, Wi narno. 1990. Pengantar Interaksi Men gajar B elaj ar Dasar dan Teknik Metodologi Pen gajaran. Bandung: Tarsito.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Bina Karya Guru. 2004. Bina Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas II. Jakarta: Erlangga.
Wardani, I.G.A.K. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. Winkel. 2004.
Published
2022-11-30
How to Cite
Husin, H. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Kartu Huruf di Metode SAS Pada Siswa Kelas II SD Negeri 06 Kepahiang pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(3), 83-88. https://doi.org/10.33258/joder.v3i3.3644