Perilaku Disiplin Bangun Pagi saat Pembelajaran di Masa Covid 19 Kelompok B di TK Fransiskus

  • Maria Marsela Kefi TK Fransiskus Pringsewu
  • Sulistianah Sulistianah STKIP AL Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
Keywords: Covid 19 period, discipline of getting up early, efforts of teachers and parents

Abstract

This study aims to describe the disciplined behavior of getting up early in the COVID-19 period in early childhood. Discipline has recently been felt as something of concern, one of which is the discipline of getting up early, especially in early childhood. During the COVID-19 pandemic, early childhood also experienced distance learning. Understanding distance learning, it is assumed by early childhood that studying at home means they are off. This affects the habit of getting up in the morning. Therefore, the moral aspect that needs to be built in schools is how children get used to a disciplined life. The method used in this research is qualitative method. The results of the study were obtained from 6 respondents who had a lack of discipline in getting up in the morning, starting to be disciplined in getting up early, and being disciplined in getting up early. The conclusion from the results of the study found that the discipline of getting up early during the Covid 19 period in Tulip class B group children at Fransiskus Pringsewu Kindergarten showed good development, with efforts from parents, teachers and the environment to improve disciplined behavior in getting up early from an early age, so that participants learn to develop optimally.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Baryani Dina, Hubungan antara pemahaman tata tertip sekolah dengan disiplin siswa di Man Godean Sleman. Skripsi Fakultas Dakwa dan Komunikasi UIN Sunan Kalijagat Yogyakarta 2013.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Dian Puspita Dewi, Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Sholat Subuh Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Fauziah. So,.Sima,. Rosmiati,. 2020 Analisis Prilaku Disiplin Anak Usia Dini 6-5 Tahun. UPI Kampus Tasikmalaya.

Fia Afifa R (2021). 15+ Manfaat Bangun Pagi. Orami.Co.Id
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-bangun-pagi diakses pada tanggal 16 Januari 2022.
Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxim.
Husnul Khatimah Yasin 2017 perilaku disiplin anak pada membelajaran dari rumah (BDR) di Ra All- Akhyar file:///C:/Users/HP/Downloads/20860-54194-1-PB.pdf diakses 15 Januari 2022.
Ibung Dian, 2009. h.103. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak (Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Ihsani, Nurul, dkk. 2018. Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (1), 50-55.
Janice J. Beaty, 2013 Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, Cet h 13.
Jubaedah, Afifah Nur Fitri A.Yoyoh dan Mirna Purnama Ningsih. 2016. Peran Orang Tua Dalam Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Prasekolah Melalui Pembiasaan Di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung. Vol II No.2.
Kartono, Kartini, 1992, Pathologi sosial 2 (kenakalan remaja). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kusmiati Eti, dkk 2021. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi. PERNIK Jurnal PAUD, VOL 4 NO. 2 April 2021: Universitas Islam Nusantara Bandung.
Lestari, Sri Rahayu, 2016 upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia dini di taman kanak-kanak it az zahra kecamatan jati agung lampung selatan tahun pelajaran 2016/2017 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
Milandara, Putri.2018. Peran Orang Tua Dalam menanamkan Disiplin Pada Anak Usia 4-5 tahun. Skirpsi. Jakarta Timur.
Moleong, lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nadia. (2020). 5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Bangun Pagi. Berkeluarga.Id. https://berkeluarga.id/2020/09/25/5-cara-mudah-mengajarkan-anak-bangun-pagi/ di akses pada 17 Januari 2022.
Noffia, Irma Mengembangkan kedisiplinan anak usia dini melalui permainan tradisional, jurnal PG PAUD, UPI, Volume 1 Nomor 9 tahun 2015.
Novita, Wirna Pelaksanaan Penanaman kedisiplinan pada anak di taman kanak-kanak di Adhyaksa XXVI Padang, Jurnal PG PAUD Un Padang,Volume 1 No 1 tahun 2015.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–124.
Priyanto, Aris “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”, dalam Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Pengawas SMA Dinas Pendidikan Yogyakarta, No. 02 November, 2014, hal 42.
Permendikbud No. 137 tahun 2014
Roswitha N, Mendisiplin anak dengan Cerita, Jakarta:Andi, 2009. Hlm 17.
Sugiyono. 2010 Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013 Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suryadi. 2010. Memahami Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Sunaryo, Psikologi Untuk Keperawatan (Jakarta: EGC, 2004), h.3.
Supryati, Nurhafiza.2020. Kedisiplinan belajar siswa secara online selama covid 19 di sekolah menegah kejuruan Telkom Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru.UIN Suska Riau Pekanbaru.
Syarbini, Amirulloh. 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Wantah, Maria J. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti.
Wiyani, Bina karakter anak usia dini, 2013, Jakarta.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media.
Published
2022-11-30
How to Cite
Kefi, M. M., & Sulistianah, S. (2022). Perilaku Disiplin Bangun Pagi saat Pembelajaran di Masa Covid 19 Kelompok B di TK Fransiskus. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(3), 53-58. https://doi.org/10.33258/joder.v3i3.3460