Analisis keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada Gelombang II Pandemi Covid-19

  • Siswanto Siswanto Program Studi Pendidikan Komupter FKIP UNIVED Bengkulu, Indonesia
  • Edy Susanto Program Studi Pendidikan Komputer FKIP UNIVED Bengkulu, Indonesia
  • Imma Rachayu Program Studi Pendidikan Komputer FKIP UNIVED Bengkulu, Indonesia
Keywords: Keaktifan belajar, Simulasi, Komunikasi digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada gelombang II pandemic covid-19. Metode penelitian ini adalah deskriptif dimana  subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X TKR yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, membagikan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMKS 8 Grakarsa Bengkulu memiliki keaktifan belajar yang cukup baik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Siswa dilibatkan secara fisik maupun mental dalam proses belajar seperti, bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas, berdiskusi, menulis, membaca dan mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darsono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press
Dessy Anwar. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama.
Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rizwani, dan Widayati. 2012. Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Vol. X, No. 2.
Sardirman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2012). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Yamin, Martinis. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referens
Published
2021-08-30
How to Cite
Siswanto, S., Susanto, E., & Rachayu, I. (2021). Analisis keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada Gelombang II Pandemi Covid-19. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(02), 27-30. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/1470