Analisis keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada Gelombang II Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada gelombang II pandemic covid-19. Metode penelitian ini adalah deskriptif dimana subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X TKR yang berjumlah 13 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, membagikan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMKS 8 Grakarsa Bengkulu memiliki keaktifan belajar yang cukup baik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Siswa dilibatkan secara fisik maupun mental dalam proses belajar seperti, bertanya, mengajukan pendapat, mengerjakan tugas, berdiskusi, menulis, membaca dan mencatat hal-hal penting dari penjelasan guru.
Downloads
References
Dessy Anwar. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama.
Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rizwani, dan Widayati. 2012. Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Vol. X, No. 2.
Sardirman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2012). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Yamin, Martinis. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referens
Copyright (c) 2021 Journal Of Dehasen Educational Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.