PEMANFAATAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA SUB POKOK CLASS DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

  • Imma Rachayu
  • Septian Jauhariansyah
  • Erlinda Juwita
Keywords: metode drill and practice, aktivitas belajar siswa

Abstract

Pemanfaatan metode drill and practice bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak dengan sub pokok class diagram di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu, jenis penelitian yang digunakan  adalah kualitatif dan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill and practice memberikan manfaat pada siswa dalam meningkatkan hasil belajar seca efektif, aktif dan antusias.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid & Chaerul Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi
Kurikulum 2013. Bandung Remaja Rosdakarya

Aditya. 2013. Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Surakarta:
Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Apriliawati. 2011. Penerapan Strategi Motivasi ARCH Dalam Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya : UNESA.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

J.Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. bandung:
PT Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Mufidah, Lailatul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasa Matriks. Skripsi tidak diterbitkan. Jurnal Pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 1(1), 117-125.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.

Nianti, Sridatun. 2014. Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas V Min Kolomayan Wonodadi Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: PGMI IAIN.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Saman. 2018. Penerapan Metode Drill and Practice Untuk Meningkatkan
Keaktifan dan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Spreadsheet. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(1), 43-50.

Sari,Mila. 2016. Pengaruhpenerapan Metode Pembelajaran Drill and Practice
Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X SMAN 5 Kota Suka Bumi Tahun Ajaran 2015-2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: PE UNPB.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar
Baru Algensindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualita-
if, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:
Ombak.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model PPembelajaran Menjadikan Proses
Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan LLombok: Holistica.

Septiyaningsih, Sri. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FE UNY.

Syatra Yusvavera Nuni. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta : Buku biru.

Usman. 2006. MetodePenelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.

Zuhairini, dkk. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2020-07-06
How to Cite
Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). PEMANFAATAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA SUB POKOK CLASS DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 98-103. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1048