Kontribusi Agility Terhadap Kemampuan Dribbling Permainan Sepakbola Di Club Suguh Fc Seluma

  • Iksan Aldo Universitas Dehasen Bengkulu
  • Dolly Apriansyah Universitas Dehasen Bengkulu
  • Dolly Apriansyah Universitas Dehasen Bengkulu
  • Mariska Febrianti Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Agility,, Dribbling,, Sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi kelincahan terhadap kemampuan dribbling pada permainan sepakbola di Club Suguh FC Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian berjumlah 30orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Ilionis agility test untuk mengukur kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola. Dimana hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa dari 30 orang di Club Suguh Fc Seluma yang mempunyai Agility dalam permainan sepakbola sebanyak 3 orang (10%) memiliki kategori Baik. Sebanyak 10 orang (33%) memiliki kategori Sedang. Sebanyak 8 orang (27%) memiliki kategori Kurang dan Sebanyak 9 orang (30%) memiliki kategori Kurang Sekali. Kemudian dilanjutkan lagi dengan tes Kemampuan Dribbling yang diikuti sebanyak 30 orang di Club Suguh Fc Seluma mempunyai Kemampuan Dribbling sebanyak 14 orang (47%) memiliki kategori Baik. Sebanyak 4 orang (13%) memiliki kategori Sedang dan sebanyak 12 orang (40%) memiliki kategori Kurang sekali. Dari semua tes penelitian yang dilakukan seperti Agility dan Kemampuan Dribbling yang dilaksanakan di Club Suguh Fc Seluma dapat ditarik kesimpulan bahwa: Tes Agility dan Kemampuan Dribbling diperoleh rtabel sebesar 0.361 karena koefisien korelasi antara rxy = 0.82 > 0.361 dan kontribusi sebesar 67,24 % yang berarti Kontribusi Agility dan tes Kemampuan Dribbling dalam Permainan Sepakbola di Club Suguh Fc Seluma adalah signifikan dan besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardansyah, dkk (2017). Korelasi antara penggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan motoric halus anak usia dini di kelompok bermain aisyiyah kecamatan rambipuji kabupaten jember. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, I (1): 36-38
Nasution, Ahmad (2018). Survei Teknik Dasar Berman Sepak Bola pada siswa SMKT Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.
Prasetya, Agusta (2016). Kontribusi Kecepatan Lari dan Kelincahan Terhadap kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bolapada Peserta Ekstrakurikuler Sepak Boladi SD Muhammadiyah I Alternatif Kota Magelang. Skripsi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Setiawan, Ahmad (2019). Kontribusi Kelincahan terhadap Kemampuan Menggiring Bola Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Taurna Satria Pekanbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Published
2024-02-01
How to Cite
Aldo, I., Apriansyah, D., Apriansyah, D., & Febrianti, M. (2024). Kontribusi Agility Terhadap Kemampuan Dribbling Permainan Sepakbola Di Club Suguh Fc Seluma. Educative Sportive, 5(1), 1-4. https://doi.org/10.33258/edusport.v5i1.5568