PENGARUH MODEL LATIHAN BOLA GANTUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLA VOLI PUTRA CLUB PST KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh latihan Bola Gantung terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli Putra club PST Kota Bengkulu. Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 atlet. Teknik penggunaan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan tes Servis atas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan bola gantung terhadap kemampuan servis atas bola voli club PST Kota Bengkulu, dengan data awal (pre test) nilai tertinggi 14, nilai terendah 10 dan dengan rata-rata 142,4. Tes akhir (post test) dengan nilai tertinggi 18, terendah 13 dan rata-rata 240,1. Tes awal 142,4 meningkat menjati test akhir 240,1 Hasil yang didapat dengan dibuktikan dari t_hitung= 5.397 > t_tabel = 2.048, pada taraf signifikan α = 0.05. dengan peningkatan Persentase sebesar 30,06% maka Ha diterima. Ada pengaruh latihan Bola Gantung terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli Putra Club PST Kota Bengkulu”diterima
Downloads
References
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (2nd ed., p. 15).
Susila, L. (2021). Pengaruh Metode Latihan High Intensity Interval Training (HIIT) dalam Meningkatkan Power Otot Tungkai dan kelincahan pada Permainan Bola Voli. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 230–238.
Hanif Fudin, Amir Luthfi, I. N. (2020). Jurnal Bola. Olahraga, Bersama Asia, Laju, 2, 1–21.
Murtono, T., & Panggalo, V. N. (2021). Perbandingan Teknik Dasar Permainan Bola Voli Siswi Ekstrakulikuler Sman 3 Kota Palu Dengan Sma Gkst Imanuel Palu. Tadulako Journal Sport Sciences …, 0383, 19–26.
Copyright (c) 2023 Educative Sportive
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.