HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGNAN DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA KUPU-KUPU 25 METER DI TIRTA RAFFLESIA S WIMMING CLUB

  • Ade Apriyoga Apriyoga Pendidikan Jasmani
  • Mesterjon Mesterjon Universitas Dehasen
  • Martiani Martiani Universitas Dehasen

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan dari kekuatan otot lengan dengan kecepatan renang gaya kupu-kupu pada atlet renang di Tirta Rafflesia Swimming Club.

Desain Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Tirta Rafflesia Swimming Club, tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet putra Tirta Rafflesia Swimming Club dengan jumlah 63 atlet yang telah memiliki kemampuan sesuai kriteria yang telah ditentukan seperti: (1) memiliki kemampuan renang gaya kupu-kupu yang baik, dan (3) berusia 10- 16 tahun. Selanjutnya penentuan kelayakan ini ditentukan oleh judge yang berjumlah 2 orang. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode survei teknik tes dan pengukuran. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment.

Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara Kekuatan otot lengan memiliki hubungan negatif dengan kecepatan renang gaya kupu-kupu 25 meter pada atlet Tirta Rafflesia Swimming Club dengan nilai korelasi -0,905 dengan tingkat hubungan yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-18
How to Cite
Apriyoga, A., Mesterjon, M., & Martiani, M. (2023). HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGNAN DENGAN KECEPATAN RENANG GAYA KUPU-KUPU 25 METER DI TIRTA RAFFLESIA S WIMMING CLUB. Educative Sportive, 4(1), 10-14. https://doi.org/10.33258/edusport.v4i1.3702