Lari Sambung Penerapan Metode Permainan Lari Sambung Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Penjas Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Bengkulu

  • Fellby Meidy Alvionsya Universitas Dehasen Bengkulu
  • Juwita Juwita Pendidikan Jasmani
  • Dolly Aprinsyah Pendidikan Jasmani
Keywords: Permainan, Lari Sambung, Estafet, Penjaskes, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat penerapan metode permainan lari sambung dalam meningkatkan hasil belajar penjas siswa kelas IV di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 84 Kota Bengkulu sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis Pre-test dan Post-test, (2) Analisis uji t Hasil Belajar Siswa. Instrumen validasi permainan lari sambung siswa dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode permainan lari sambung dapat meningkatkan hasil belajar penjas dengan hasil uji t-tes pada siklus I adalah hasil uji t diperoleh diperoleh t hitung > dari t tabel dengan t hitung = 3,946 dan t tabel = 1,703 dan siklus II diperoleh diperoleh t hitung > dari t tabel dengan t hitung = 11,199 dan t tabel = 1,703. Penerapan permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 84 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-07
How to Cite
Alvionsya, F., Juwita, J., & Aprinsyah, D. (2022). Lari Sambung Penerapan Metode Permainan Lari Sambung Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Penjas Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Bengkulu. Educative Sportive, 3(1), 39-43. https://doi.org/10.33258/edusport.v3i01.2334