UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 5 LEBONG

  • Vengky Evigo Universitas Dehasen Bengkulu
  • Mariska Febrianti Pendidikan Jasmani
  • Roni Syahputra Pendidikan Jasmani
Keywords: Kata Kunci : Keterampilan Passing, Pembelajaran Sepakbola

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Keterampilan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Di SMA Negeri  5 Lebong pada siswa kelas XII IPS3. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahapan dalam tiap langkah (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII IPS3 yang berjumlah 25 siswa-siswi, terdiri dari orang 17 siswa dan 8 siswi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan dengan latihan yang dilakukan dalam 3 siklus dengan setiap siklus 2 kali pertemuan terbukti mampu meningkatkan Keterampilan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Di SMA Negeri  5 Lebong. Data awal tes keterampialan passing kaki bagian dalam menunjukan bahwa siswa yang mencapai KKM hanya 26%, yaitu siswa tuntas sebanyak 6 siswa, tidak tuntas 19 siswa (74%). Pada siklus satu pertemuan pertama terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 36%, yaitu siswa tuntas 9 siswa dan siswa tidak tuntas 16 siswa (64%). Kemudian pada siklus satu pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 48%, yaitu siswa tuntas 12 siswa dan siswa tidak tuntas 13 siswa (52%) setelah itu pada siklus dua pertemuan pertama terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 68%, yaitu siswa tuntas 17 siswa dan siswa tidak tuntas 8 siswa (32%). Pada siklus dua pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 84%, yaitu siswa tuntas 21 siswa dan siswa tidak tuntas 4 siswa (16%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-11
How to Cite
Evigo, V., Febrianti, M., & Syahputra, R. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 5 LEBONG. Educative Sportive, 3(1), 77-82. https://doi.org/10.33258/edusport.v3i01.2214