MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI 17 DAN 22 KOTA BENGKULU KECAMATAN MUARA BANGKAHULU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran penjas di SMP Negeri 17 dan di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengampu pembelajaran penjas dengan jumlah sampel 4 orang guru penjas. Instrument peneliti menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa manajemen pembelajaran penjas di SMP Negeri 17 dan SMP Negeri 22 Kota Bengkulu dapat dikatakan berjalan dengan baik hanya saja perlu ditingkatkan kembali dengan cara guru terlebih dahulu melengkapi perlengkapan belajar seperti menyusun silabus, RPP sehingga tidak menimbulkan kesan bahawa guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam menjalankan tugas kesehariannya hanya sekedar membatalkan kewajibannya atau hanya sekedar memenuhi tuntutan dari atasan yang pada akhirnya hasil belajar siswa menjadi kurang optimal.
Kata Kunci : Manajemen pembelajaran Penjas
Downloads
References
Anggriani, Windi dkk (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Febrina, Dilla (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses Di Sma Negeri 7 Padang. Jurnal Buana – Vol-2 No-1.
Mawarni, Muh (2019). Manajemen Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Negeri 3 Pinrang. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.
Nila Afryansih, Dkk (2018). Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Geografi Di Smpn Kota Padang. Jurnal Spasial Nomor 3, Volume 5.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2021 Educative Sportive
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.