IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJAS PADA OLAHRAGA BULU TANGKIS SERVIS PENDEK SMA NEGERI 3 BENGKULU SELATAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan implementasi pembelajaran penjas servis pendek siswa peserta ektrakurikuler SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penetilian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa peserta ektrakurikuler bulu tangkis SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes servis pendek backhand. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian terhadap kemampuan servis pendek backhand peserta ekstrakulikuler bulu tangkis siswa peserta ektrakurikuler SMA Negeri 3 Bengkulu Selatan adalah kategori baik sekali sebesar (0%) berada pada skor nilai >75. kategori baik sebesar (0%) berada skor nilai 66-75. kategori sedang (60%) berada skor nilai 50-65. dan siswa yang masuk kedalam kategori kurang sebanyak 8 siswa atau sebesar (40%) berada skor nilai 40-50.
Kata Kunci : Servis Pendek Backhand, Bulutangkis.
Downloads
References
Aksan, H. (2012). Mahir Bulutangkis Bandung: Nuansa Cendekia.
Andi, (2015). “Tes Keterampilan Servis Pendek Bulutangkis”. Yogyakarta.
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Subarjah & Hidayah, Y (2007). Permainan Bulutangkis. Bandung : FPOK Universita Pendidikan Indonesia.
Somatra & sujana. (2009) “ Permainan badminton, semendan : Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Semendang
Sugiarto, (2004). “Total badminton” Solo: CV Setyaki Eka Anugrah.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Educative Sportive
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.