Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B Di Paud Annisa Desa Padang Betuah

  • Siti Maria Opa Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Lydia Margaretha Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: studi, deskriptif, kemandirian, anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemandirian anak Paud Annisa Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa. Adapun indicator kemandirian pada penelitian ini meliputi: Percaya diri, mengendalikan emosi, bertanggung jawab dan disiplin.

Penelitian ini dilaksanakan di Paud Annisa Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah pada semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi kemandirian anak selama berada disekolh. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi berbentuk Checklist. Teknik analisis data pada penelitian data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar anak berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 6 Orang (60%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 4 Orang (40%). Tidak ada anak yang berada pada kriteria Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31