Peran Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak (Studi Kelompok A Di Paud Nabilah)

  • Rizka Yanti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partikasari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Lydia Margaretha Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Kerjasama, Guru, Orangtua, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kerjasama guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif  kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa masih ada beberapa anak yang kurang optimal dengan kedisiplinan baik dari anak maupun dari orangtua, maka dari itu guru sebagai pendidik yang berperan dalam hal pembelajaran memberikan konsep disiplin yang akan ditanamkan oleh guru, selain ini menanamkan kedisiplinan pada anak tentu disini perlu juga peran orang tua. Maka dari itu guru dan orang tua sangat penting untuk bekerja sama agar apa yang sudah diterapkan disekolah akan dilaksanakan juga dirumah.  Karakter disiplin yang diharapkan  untuk dimilki anak dapai dicapai melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari. Subjek penelitian adalah guru di PAUD Nabilah Bengkulu Tengah yang berjumlah 4 orang guru. Dengan menggunakan analisis data tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa peran kerjasama guru dan orang tua dalam bekerjasama meningkatkan kedisiplinan anak bernilai sangat baik. Berdasarkanhasil  analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran kerjasama guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan anak melalui 10 indikator diharapkan menjadi perantara dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini sehingga pendidikan yang akan diberikan kepada anak bisa lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31