Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Tehnik Mozaik Menggunakan Serutan Pensil Warna
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motorik halus melalui tehnik mozaik menggunakan serutan pensil di TK Al-Karomah Lebong. Penelitian ini sebanyak II siklus dalam 4 kali pertemuan dan bimbingan pada anak-anak di TK Al-Karomah. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al-Karomah berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Tehnik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang di analisis di peroleh melalui observasi.
Berdasarkan hasil penelitian beberapa siklus menunjukan bahwa perkembangan motorik halus anak terbukti dari indikator keberhasilan yang di capai pada siklus I mendapat nilai persentase 52% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada siklus II indikator keberhasilan menjadi 98% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan ini artinya peningkatan motorik halus melalui tehnik mozaik menggunakan serutan pensil di TK Al-Karomah Lebong.
Downloads
Copyright (c) 2024 Silvia Kristianti, Asnawati Asnawati, Mimpira Haryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.