Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Goncang Kaleng
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan goncang kaleng dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar pada anak kelompok B di Paud AL-Karomah desa kampung dalam Kabupaten Lebong. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah anak PAUD AL-KAROMAH desa Kampung Dalam Kabupaten Lebong pada kelompok B berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif kuantitatif dengan penekanannya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis kuantitaif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Simpulan penelitian bahwa dengan menggunakan permainan goncang kaleng dapat meningkatkan motorik kasar pada anak di PAUD AL-KAROMAH desa kampung Dalam Kabupaten Lebong terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian mencapai 94 % dengan kriteria berkembang sangat baik.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sutianti Artika, Rika Partika Sari, Mimpira Haryono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.