Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengenal Huruf Dengan Media Bowling Huruf Ceria

  • Serly Yulianti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Mimpira Haryono Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Perkembangan Kognitif, Media Bowling Huruf

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan media bowling huruf ceria dapat meningkatkan mengenal huruf pada anak di PAUD Putra Pertiwi Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berhumlah 13 orang anak. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunkan metode observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekannya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisi data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunkan persentase. Hasil peninggkatan perkembangan kognitif pada anak PAUD Putra Pertiwi pada siklus I pertemuan ke I   40% dan di pertemuan ke II   51%. sedangkan di siklus II pertemuan Ke I 74% dan pertemuan ke II   91%. Simpulan penelitian bahwa melalui media bowling huruf dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal huruf pada PAUD Putra Pertiwi Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar  91% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-04