Peningkatan Kemampuan Motorik Halus AnakKelompok B Melalui Kegiatan Montase

  • Witri Sumiati Universitas Dehasen Bengkulu
  • Asnawati Asnawati Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Perkembangan Motorik Halus, Montase

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan montase enerapan dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak di PAUD Amanah Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berhumlah 15 orang anak. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunkan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekannya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisi data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunkan persentase. Hasil peninggkatan perkembangan motorik halus pada anak PAUD Amanah pada siklus I dengan persentase 65%. Sedangkan di siklus II dengan persentase 99%. Simpulan penelitian bahwa penerapan kegiatan montase dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak di PAUD Amanah Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma., terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesarĀ  99% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-04