Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Anak B Menggunakan Media Gambar Seri

  • Yuni Yuliarti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Asnawati Asnawati Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Berfikir Kritis, Media Gambar Seri

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak di PAUD Harapan Bunda Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berhumlah 15 orang anak. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data menggunkan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekannya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisi data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunkan persentase. Hasil peninggkatan kemampuan berfikir kritis pada anak PAUD Harapan Bunda pada siklus I dengan persentase 68%. Sedangkan di siklus II dengan persentase 96%. Simpulan penelitian bahwa penerapan melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak di PAUD Harapan Bunda Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma., terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesarĀ  96% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-04