Upaya Peningkatan Kedisiplinan Anak Melalui Metode Role Playing Menjadi Guru Dan Murid

  • Febriani Saputri Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Lydia Margaretha Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Kedisiplinan, Role Playing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan bermain peran dapat meningkatkan nilai kedisiplinan pada anak kelompok B di PAUD LENTERA ILMU Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 19 anak di PAUD LENTERA ILMU Bengkulu Tengah. Hasil peningkatan karakter kedisiplinan anak Pada siklus I sebesar 44%  Pada siklus II sudah mengalami peningkatan sebesar 65%  Pada siklus III peningkatan persentase sudah sesuai yang diharapkan yaitu sebesar 82%. Simpulan penelitian bahwa melalui metode bermain peran pada anak kelompok B di PAUD LENTERA ILMU Bengkulu Tengah, terbukti pada siklus III mengalami peningkatan signifikan, yaitu persentase pencapaian sebesar 82% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-04