Pengelolaan Peningkatan Perilaku Menjaga Kebersihan di Lingkungan Sekolah Melalui Kerja Sama Berkelompok pada Anak

  • Yensi Kustipa Universitas Dehasen
  • Rita Prima Bendriyanti Universitas Dehasen
  • Mimpira Haryono Universitas Dehasen
Keywords: Perilaku Menjaga Kebersihan Lingkungan, Kerjasama Kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kerja sama berkelompok pada anak dapat meningkatkan perilaku menjaga kebersihan dilingkungan sekolah pada anak kelompok B di PAUD PELITA Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 17 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatkan kemampuan sosial emisional pada anak di Satuan PAUD PELITA HATI pada siklus I pertemuan I sebesar 72% dan pada siklus II pertemuan I didapati peningkatan sebesar 91%. Simpulan penelitian bahwa melalui kerjasama kelompok dapat meningkatkan perilaku menjaga kebersihan dilingkungan sekolah pada anak di Satuan PAUD PELITA HATI Kabupaten Seluma, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 99% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-02