Pengelolaan Pembelajaran Senam Gerak dan Lagu Rentang Tangan untuk Meningkatkan Kemapuan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran senam gerak dan lagu rentang tangan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5 – 6 Tahun di IT AL-RAHMAH di Desa Talang Beringin Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada PAUD 5-6 Tahun yang berjumlah 12 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatkan kemampuan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran senam gerak dan lagu rentang tangan di IT AL-RAHMAH pada siklus I pertemuan I sebesar 51% dan pada siklus II pertemuan I didapati peningkatan sebesar 77%. Simpulan penelitian bahwa melalui media buah-buahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik di Satuan PAUD CEMPAKA Kabupaten Seluma, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 77% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Downloads
Copyright (c) 2022 Early Childhood Research and Practice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.