Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Budaya Lokal Menggunakan Kelintang Dari Kayu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan budaya lokal menggunakan kelintang dari kayu dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di Satuan PAUD AMANDA Desa Lubuk Gio Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 20 anak di Satuan PAUD AMANDA. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di PAUD AMANDA pada siklus I peetemuan I sebesar 59,5% dan pertemuan II sebesar 61%. Pada siklus II pertemuan I didapati peningkatan sebesar 73% dan pertemuan II sebesar 98%. Simpulan penelitian bahwa melalui permainan budaya lokal menggunakan kelintang dari kayu dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di Satuan PAUD AMANDA Desa Lubuk Gio Kecamatan Talo Kabupaten Seluma, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 98% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Keyword: Perkembangan kognitif, Permainan budaya lokal, Kelintang dari kayu
Downloads
Copyright (c) 2022 Early Childhood Research and Practice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.