Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Mencari Jejak (Maze) Pada Anak Kelompok B
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui permainan mencari jejak dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok B di Satuan PAUD MELATI INDAH Desa Padang Kelapo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada kelompok B berjumlah 16 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan mencari jejak pada kelompok B di PAUD MELATI INDAH pada siklus I pertemuan I sebesar 74% dan pada siklus II pertemuan I didapati peningkatan sebesar 87,75%. Simpulan penelitian bahwa melalui permainan mencari jejak dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 87,75% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Keyword: Kemampuan mengenal huruf, Permainan mencari jejak.
Downloads
Copyright (c) 2022 Early Childhood Research and Practice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.