UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERIASI ANAK PADA KELOMPOK B DI GUGUS DEMPO TENGAH PAGAR ALAM
Keywords:
Kemampuan Seriasi, anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan seriasi anak pada kelompok B di gugus Dempo Tengah Pagar Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dari 7 lembaga PAUD DEMPO TENGAH PAGAR ALAM. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Landasan teori yang digunakan piaget (2013) dengan 5 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: menyusun objek berdasarkan pola ukuran bentuk, kedua: megurutkan objek berdasarkan pola ukuran warna, ketiga: menghitung setiap objek hanya satu kali setiap berurutan, keempat: menyusun objek berdasarkan ukuran panjang ke pendek, kelima: menyusun objek berdasarkan ukuran besar ke kecil. Hasil penelitian telaksanakan kegiatan yaitu wawancara mengurutkan objek berdasarkan pola ukuran bentuk bahwa belum mengalami peningkatan, mengurutkan objek berdasarkan pola ukuran warna telah mengalami peningkatan, menghitung setiap objek hanya satu kali secara berurutan telah mengalami peningkatan, menyusun objek berdasarkan ukuran panjang ke pendek telah mengalami peningkatan, sedangkan pada menyusun objek berdasarkan ukuran besar kecil telah mengalami peningkatan signifikan.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2021-08-29
Section
Articles
Copyright (c) 2021 Early Childhood Research and Practice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.