https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/issue/feed Computer and Informatics Education Review 2024-02-13T10:35:28+00:00 Hermawansa hermawansa@unived.ac.id Open Journal Systems <p><em>e-</em>ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1595485090">2723-5726</a></p> <p>Computer and Informatics Education Review - CIER&nbsp;a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer Education; Informatics and Communication Technology-based Education; Multimedia-based Education Development; Digital Teaching Material Development and Education Software Development. CIER is published every six months in June and December each year.</p> https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5519 EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKS 1 PEMBANGUNAN KOTA BENGKULU 2024-01-12T09:40:33+00:00 Idola Idola idola@gmail.com Yenni Fitria yenni@gmail.com Diah Selviani diahsel@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x multimedia di SMKS 1 pembangunan kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah analisis pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan secara kuantitaif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas model Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil &lt;0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 &lt; 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKS 1 Pembangunan Kota Bengkulu. Selain itu, nilai thitung = 52,311 &gt; ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKS 1 Pembangunan Kota Bengkulu dengan materi dasar-dasar desain grafis.</em></p> 2024-01-12T04:55:33+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5522 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 BENGKULU TENGAH 2024-01-12T09:40:39+00:00 Resa Febrianti resafebrianti@gmail.com Hermawansa Hermawansa hermawansa@gmail.com Fadlul Amdhi Yul fadlulam@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengearuh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran jaringan dasar Kelas X SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, yaitu data tes awal (pre-test) dan data tes akhir (post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji&nbsp; paired sample t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai pretest-posttest menunjukkan bahwa sig (2-tailed) bernilai 0,000 &lt; 0,05 maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_1 diterima, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diperoleh nilai t hitung 13,479 &gt; t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penerapaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa.</em></p> 2024-01-12T05:03:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5523 STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI SMAN 7 BENGKULU SELATAN 2024-01-12T09:40:44+00:00 Uci Apriansah Saputra uciapriansah@gmail.com Asnawati Asnawati asnawat@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran pada penyampaian materi masih menggunakan teks yang monoton sehingga membuat peserta didik merasa bosan, dan kurang respon terhadap materi yang disampaikan. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan mata pelajaran jaringan dasar komputer. </em></p> <p><em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang didasarkan perhitungan angka-angka dengan perhitungan statistik, jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelas X SMAN 7 Bengkulu Selatan sebanyak 19 siswa. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,001&lt;0,05, serta dibandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh nilai t hitung 13,238 &gt; 2,101 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas X SMAN 7 Bengkulu Selatan dengan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran jaringan dasar komputer.</em></p> 2024-01-12T06:28:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5527 EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKS 1 PEMBANGUNAN KOTA BENGKULU 2024-01-12T09:40:49+00:00 Wahyu Permama Kusuma wahyupermana@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis kelas x multimedia di SMKS 1 pembangunan kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah analisis pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan secara kuantitaif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas model Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil &lt;0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 &lt; 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKS 1 Pembangunan Kota Bengkulu. Selain itu, nilai thitung = 52,311 &gt; ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKS 1 Pembangunan Kota Bengkulu dengan materi dasar-dasar desain grafis.</em></p> 2024-01-12T09:32:39+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5525 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PPLG SMKN 4 KOTA BENGKULU 2024-01-12T09:40:55+00:00 Adamsyah Futra Utama adamsyahfut@gmail.com Fadlul Amdhi Yul fadlulam@gmail.com Diah Selviani diahsel@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMKN 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas media Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil &lt;0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 &lt; 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 4 Kota Bengkulu. Selain itu, nilai thitung = 52,311 &gt; ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 4 Kota Bengkulu dengan materi dasar-dasar desain grafis.</em></p> 2024-01-12T09:35:04+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5528 PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TO STAY TO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 3 SELUMA 2024-01-12T09:41:01+00:00 Andika Mardiansyah Putra andikamard@gmail.com Hermawansa Hermawansa hermawansa@gmail.com Asnawati Asnawati asnawat@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran cooperatif learning tipe to stay to tray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar jaringan komputer di SMKN 3 Seluma. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptip. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas metode pembelajaran CLT2S terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas model Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil &lt;0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 &lt; 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 2 Seluma. Selain itu, nilai thitung = 52,311 &gt; ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 3 Seluma dengan materi dasar-dasar jaringan komputer.</em></p> 2024-01-12T09:40:12+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.unived.ac.id/index.php/cier/article/view/5675 MANAJEMEN KEUANGAN PADA TK ISKIFAL DI DESA TALANG CURUP KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH 2024-02-13T10:35:28+00:00 Seri Rahayu serirahayu@gmail.com Alimni Alimni alimni@gmail.com <p><em>Manajemen sekolah merupakan bagian yang amat penting karena setiap kegiatan di sekolah memerlukan biaya. Keuangan perlu dikelola dengan sebaik-baiknya. Untuk itu perlu manajemen keuangan yang baik. Manajemen keuangan atau disebut dengan manajemen pembiayan pendidikan, yang berkaitan dengan pengadaan keuangan, pemanfaatan keuangan hingga pertanggung jawaban keuangan dengan harapan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. bertujuan untuk mengetahui&nbsp; penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen keuangan&nbsp; pada TK Iskifal, yang berlokasi di Desa Talang Curup Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Untuk menggungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskripsi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa sumber dana yang dimiliki sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dan dana dari pemerintah seperti BOP dan BOSDA. Lalu nantinya dana yang didapatkan akan dikelolah oleh sekoah dan dicatat langsung oleh bendahara baik dana yang masuk atau keluar.</em></p> 2024-02-13T10:35:26+00:00 ##submission.copyrightStatement##