PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DENGAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MATA PELAJARAN TIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 8.1 DI SMP 24 KOTA BENGKULU

  • Adrenalian Rahmadanza Universitas Dehasen Bengkulu
  • Jumiati Siska Universitas Dehasen Bengkulu
  • Fadlul Amdhi Yul Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Informatika Kelas X Perhotelan 3 SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian kuantitatif metode penelitian yaitu desain one grub pretes-posttest. Digunakan untuk meneliti pada Populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat Kuantitatif/Statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan 3 SMK Negeri 7 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obervasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara Kuantiatif dengan menggunakan Software Statistical Produck and Service Solutions (SPSS 27) Dapat dibuktikan bahwa hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai Pretest-Posttest menunjukkan bahwa Sig (2-tailed) bernilai 0,001<0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya Terdapat Menerapkan dalam menggunakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-09-08