PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMK NEGERI 4 MUKOMUKO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X SMKN 4 Mukomuko. Metode penelitian ini adalah metode Eksperimen atauĀ (quasi-experimental design). Media yang digunakan adalah media berbasis kahoot. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas X SMK Negeri 4 Mukomuko. Instrument yang digunakan adalah 20 butir soal posttest dan 20 butir soal posttest, instrument tersebut adalah uji validitas,uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil dari prettest dengan rata-rata 63,83 dengan katagori kurang sedangkan posttestĀ dengan rata-rata 83,16 sangat baik. Hasil penelitian dengan uji independent sampel t-tes bahwa nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana t hitung > t tabel 14,843 > 2,045 sehingga Ho diterima Ha ditolak yang artinya media pembelajaran berbasis kahoot berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMKN 4 Mukomuko.
Downloads
Copyright (c) 2025 Computer and Informatics Education Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.