PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 30 BENGKULU SELATAN

  • Okta Sella Universitas Dehasen Bengkulu
  • Asnawati Asnawati Universitas Dehasen Bengkulu
  • Hermawansa Hermawansa Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Media Pembelajaran, Google Site, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar siswa kelas VIIĀ  SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas A dan B SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan yang berjumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu 20 butir soal pilihan ganda sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol menunjukkan rata-rata 61 dan 69, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 8%. Sementara itu, hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 60 dan 81, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 21%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan media pembelajaran Google Sites. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-tailed) = 0,000 lebih kecil 0.05 atau ditulis secara statistik sebesar 0,000<0,05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh media pembelajaran berbasis Google Sites terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Google Sites memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 30 Bengkulu Selatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-28