PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 06 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 06 Bengkulu Tengah sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, angket dan tes soal, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menganalisis data berbasis angka dan mengubah data ke dalam format numerik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol 37,27 dan kelas eksperimen 38,86, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol diperoleh 71,13 dan kelas Eksperimen 85,45. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan paired sampel test diperoleh nilai sigĀ (2-tailed) yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan lebih kecil dari 0,05 . Atau dapat ditulis secara statistik 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar -24,511 < t table 2, 085 Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 06 Bengkulu Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 06 Bengkulu Tengah Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu
Downloads
Copyright (c) 2025 Computer and Informatics Education Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.