PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH

  • Tiara Adinda Hasibuan Universitas Dehasen Bengkulu
  • Hermawansa Hermawansa Universitas Dehasen Bengkulu
  • Fadlul Amdhi Yul Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Media Pembelajaran, Web Educandy, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis web educandy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VIII SMPN 06 Bengkulu Tengah. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMPN 06 Bengkulu Tengah yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari pretest dan posttest kelas control dengan rata-rata nilai 61 dan 71 dengan selisi peningkatan hasil belajar sebesar 16%, sedangkan hasil dari pretest dan posttest kelas eksperiment dengan rata-rata nilai 62 dan 81 dengan selisi peningkatan hasil belajar sebesar 30%, yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperiment setelah mengunakan media pembelajaran berbasis web educandy. Hasil penelitian dengan pengujian Independent Samples Tests menunjukkan bahwa nilai asym sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dimana t hitung lebih besar dari t tabel 4,212>2080 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh media pembelajaran berbasis web educandy terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web educandy berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperiment VIII B SMPN 06 Bengkulu Tengah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-28