PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TO STAY TO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 3 SELUMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran cooperatif learning tipe to stay to tray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar jaringan komputer di SMKN 3 Seluma. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptip. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik, observasi, angket, tes, dokumentasi Hasil penelitian menujukan efektivitas metode pembelajaran CLT2S terhadap hasil belajar siswa dari analisis kuesioner yang mendapatkan mean atau rata-rata 82,33 dan persentase 84,05% dengan keterangan Tinggi. Sedangkan efektifitas model Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dapat disimpulkan bahwa untuk nilai pretest posttest menunjukan bahwa sig (2-tailed) bernilai sebesar 0,00 maka dinyatakan lebih kecil <0,05. Secara statistik dapat ditulis (0,000 < 0,05) maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan H¬0 ditolak yang berarti adanya efektivitas model pembelajaran menggunakan Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 2 Seluma. Selain itu, nilai thitung = 52,311 > ttabel = 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti adanya efektivitas pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 3 Seluma dengan materi dasar-dasar jaringan komputer.
Downloads
Copyright (c) 2024 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.