STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI SMAN 7 BENGKULU SELATAN

  • Uci Apriansah Saputra universitas dehasen
  • Asnawati Asnawati Universitas Dehasen
Keywords: Strategi Guru, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran pada penyampaian materi masih menggunakan teks yang monoton sehingga membuat peserta didik merasa bosan, dan kurang respon terhadap materi yang disampaikan. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan mata pelajaran jaringan dasar komputer.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang didasarkan perhitungan angka-angka dengan perhitungan statistik, jenis penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelas X SMAN 7 Bengkulu Selatan sebanyak 19 siswa. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,001<0,05, serta dibandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh nilai t hitung 13,238 > 2,101 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas X SMAN 7 Bengkulu Selatan dengan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran jaringan dasar komputer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12