PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMKN 2 BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengearuh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar Siswa pada mata pelajaran jaringan dasar Kelas X SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, yaitu data tes awal (pre-test) dan data tes akhir (post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil ujiĀ paired sample t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai pretest-posttest menunjukkan bahwa sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_1 diterima, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diperoleh nilai t hitung 13,479 > t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penerapaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Computer and Informatics Education Review

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.