PENGARUH METODE IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran improve terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian observasi aktivitas siswa dan wawancara terhadap guru, dan juga menggunakan tes pretest dan pasttest untuk siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil Analisis data menggunakan uji paired sample t-test didapat nilai sig (2-tailed) 0,000, dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran improve improve terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.