PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MURDER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif MURDER terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar teknik komputer jaringan dan telekomunikasi SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksprimen. Desain yang akan digunakan adalah Pretes-Posttest Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X TKJT 2 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu 20 butir soal pilihan ganda yang diadopsi dari modul buatan guru SMK Negeri 3 Kota Bengkulu bernama Renno Sari, S. Kom. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil dari analisis kuesioner motivasi belajar yang didapatkan rata-rata jawaban 54 dan persentase 90% dengan keterangan tinggi yang artinya Model Pembelajaran MURDER berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan Hasil dari pretest dan posttest dengan rata-rata pretest 16,53 dan posttest 84,86 dengan selisih peningkatan hasil belajar sebesar 85% yang menujukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-lailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana thitung lebih besar dari ttabel 46,681 > 2,056 sehingga HO ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya Pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif MURDER terhadap hasil belajar siswa. Dapat disimpulakan bahwa Model pembelajaran Kooperatif MURDER berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Kota Bengkulu.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.