PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kelas X di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 02 Bengkulu Tengah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, yaitu data tes awal (pre-test) dan data tes akhir (post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai pretest-posttest menunjukkan bahwa sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak dan diterima, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diperoleh nilai t hitung 13,479 > t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan ditolak dan diterima, yang artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penerapaan metode pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.