PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

  • Mariesah Ashari Universitas Dehasen
  • Lina Tri Astuty B. Sembiring Universitas Dehasen
  • Edy Susanto Universitas Dehasen
Keywords: Metode Peer Teaching, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kelas X di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah. Penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk preexperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 02 Bengkulu Tengah sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, yaitu data tes awal (pre-test) dan data tes akhir (post-test). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji  paired sample t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai pretest-posttest menunjukkan bahwa sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan  ditolak dan  diterima, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diperoleh nilai t hitung 13,479 > t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan  ditolak dan  diterima, yang artinya terdapat perbedaan signifikan dalam penerapaan metode pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-07