PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI

  • Rosela Rosela Universitas Dehasen
  • Jumiati Siska Universitas Dehasen
  • Hermawansa Hermawansa Universitas Dehasen
  • Muhammad Faizal Hudha Universitas Dehasen
Keywords: Metode Improve, Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar

Abstract

Secara teori, metode IMPROVE dipercaya dapat melatih kemampuan berpikir kiritis siswa serta dapat membantu siswa mendapatkan penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan metode IMPROVE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian observasi aktivitas siswa dan wawancara terhadap guru, dan juga menggunakan tes pretest dan pasttest untuk siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X TJKT 3 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu dengan menggunakan materi Wireless LAN (WLAN). Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan atau observasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara terhadap guru, dan juga menggunakan tes pretest dan pasttest untuk siswa. Hasil dalam penelitian ini yaitu aktivitas siswa selama penerapan metode IMPROVE dengan rata-rata 93,33% masuk kategori sangat baik; setelah diterapkan metode IMPROVE termasuk dalam kategori baik. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-07